Keganjilan Film Mahadewa di ANTV

by admin , at 21.04 , has 0 komentar
New Kompasiana - Keganjilan Film Mahadewa di ANTV
Film Mahadewa di ANTV sering saya lihat, karena saya biasa begadang dengan saudara saya, dan kami biasa ngobrol, ngopi dan juga sambil nonton Film, karena itu kami biasanya tidak melewati film mahadewa antv, namun saat saya menonton, banyak sekali hal hal yang tidak masuk diakal, bahkan nampak asal asalan saja, lalu saya mencoba mencari tahu melalui internet, dan ternyata ada tulisan orang beragama hindu yang membahas keganjilan di film mahadewa antv ini. dan berikut yang dibahasa:

Keganjilan Film Mahadewa di ANTV
Banyak masyarakat Hindu merasa geram terhadap tayangan film Mahadewa di ANTV episode Senin 15 Juli 2014. Hal ini terjadi lantaran adegannya terlalu sektarian. Tanpa dasar cerita yang jelas, tiba-tiba adegan film Mahadewa menceritakan percakapan Mahadewa dengan Dewi Sati yang mengagungkan Shri Rama. Dalam percakapan itu, Mahadewa bercerita tentang Shri Rama, awatara Wisnu, yang kehilangan Dewi Sita, yang diculik raksasa Rahwana. Mahadewa diceritakan selalu memuja Shri Rama.

Tentu saja masyarakat Hindu di Indonesia merasa geram atas adegan controversial ini, masyarakat Hindu Indenesia yang sebagian besar merupakan mazab Siwa, Siwa dipuja sebagai  Shiva Atma [Roh yang menghidupi mahkluk hidup], Sada Shiva [Tuhan penguasa kahyangan]dan Paramashiva [Tuhan yang berada dimana-mana].

Jika ditelaah adegan pada film tersebut,  memang kesannya dipaksakan, kisahnya diambil dari cerita dari kitab mazab Vaisnawa, yaitu Bhagavata Purana. Mungkin produsernya memang mengambil kisah Mahadewa mengambil dari berbagai sudut pandang kitab-kitab purana, baik dari Siva purana sendiri, maupun Bhagavata Purana. Sehingga penonton akan dibingungkan, dimana pada kisah tertentu Wisnu mengagungkan Shiva, di sisi lain Shiva mengagungkan Wisnu.

Khusus episode senin 15 juli, terjadi keganjilan adegan cerita. Dimana film ini berkisah tentang percakapan Shiva dengan dewi Sati tentang Shiva selalu bermeditasi kepada Shri Rama. Jelas disini terjadi keganjilan. Pada saat Adi Shakti menjelma sebagai Sati, kisah Ramayana belum terjadi. Pada kisah ini pantasnya terjadi saat Adi Shakti menjelma sebagai Parvati, yang terjadi pada Yuga/jaman yang berbeda.

Penjelasan ini bisa kita merujuk pada Siva purana. Sanat Kumara bersabda ; ” Yang tertua dari kalian (Mena/Menaka) akan menjadi istri Himawan yang adalah bagian dari Wisnu. Dia akan memiliki seorang putri yang bernama Parvati. Putri yang menengah, Dhanya, akan menjadi seorang Yogini, istri dari raja Janaka. Putrinya adalah Mahalaksmi dalam nama Sita. Dan yang termuda (Kalavati) akan menjadi istri dari Vaisya yang bernama Vrsabhana. Pada akhir jaman Dwapara, ia akan menjadi ibu dari Radha, permaisuri Krsna” [Siwa Purana, Parvati Khanda, II.28-30].

Merujuk pada sloka tersebut, kisah Rama belum terjadi saat Sati sebagai istri Siva. Selain itu, pada berbagai ulasan penganut mazab Waisnawa, percakapan tentang Shiva mengagungkan Shri Rama, merupakan percakapan Shiva dengan Parvati, bukan Shiva dengan Sati. Jelaslah adegan kisah itu dipkasakan ada. Kemungkinan diambil dari kitab purana mazab Waisnawa. Padahal setahu saya, dalam kitab Siva purana justru Wisnu memuja Shiva, begitu juga Shri Rama memuja Shiva, demikian Shri Krisnha selalu mengagungkan Shiva didalam Mahabharata, begitu juga didalam Bhagavad Gita.

Sejak jaman dahulu kala, mazab Waisnawa dengan mazab Siwa sering berbenturan, bahkan perbenturan ini sampai ke Indoensia. Dahulu kala di Bali terdiri dari banyak sekte, yang besar ada 9 sekte. Kemudian sekte-sekte dihimpun menjadi satu atau disatukan oleh Mpu Kuturan berserta orang-orang suci di Bali, yang dikenal sekarang sebagai agama Hindu ala Hindu Nusantara. Tetapi benturan antara mazab Siwa dengan mazab Waisnawa kembali terjadi pada era sekarang,  dimana aliran Waisnawa yaitu Hare Krisnha sampai saat ini dianggap illegal, belum pernah dicabut keputusan PHDI yang menyatakan Hare Krisnha sebagai aliran ‘Sesat’. Bahkan sering terjadi diskriminasi terhadap Hare Krisnha oleh umat Hindu Indonesia kebanyakan. Hal ini terjadi karena penganut Waisnawa sering merendahkan Shiva, seperti yang dilakukan Prajapati Daksa. Pada saat ini, beberapa buku diterbitkan penganut mazab Waisnawa yang merendahkan Siwa dan mengagungkan Wisnu. Misalnya tafsir bhagavad Gita menurut aslinya, Mrekonstruksi Hindu. Padahal menurut penganut Siwaisme, baik Wisnu maupun Shiva dan juga Brahma merupakan Yang Tunggal dalam tiga manifestasi. Bahkan menurut kitab Shiva Purana, seorang Bakta Shiva tidak boleh merendahkan salah satunya. Karena Shiva, Wisnu, Brahma muncul dari Sada Shiva dalam wujud Tuhan berpribadi sebagai ‘Mahadewa’, God of the Gods.

Kesimpulan dari tanggapan masyarakat Hindu Indonesia tentang film Mahadewa, bahwa film Mahadewa disusupi paham mazab Waisnawa, yang seharusnya murni mengambil kisah ini dari Siva Purana. Menurut hemat saya, produser dari film ini, mencoba mengambil kisah ini dari berbagai penjelasan kitab purana, sehingga kadang adegannya tumpang tindih, bahkan membingungkan.

Apakah anda juga merasa ada keganjilan di film mahadewa di antv?
Boleh komen asal jangan menyudutkan agama hindu ya..
Soalnya menghina agama lain itu tidak boleh, saya sendiri kalau bukan tulisannya ummat hindu sendiri tidak mungkin saya pos disini, karena hal ini malah bisa memicu perdebatan.
Keganjilan Film Mahadewa di ANTV
About
Keganjilan Film Mahadewa di ANTV published at 21.04, categorized as Agama , Hiburan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply