Hukum Vaksin Meningitis Dari Enzim Babi Menurut MUI

by admin , at 23.07 , has 0 komentar
New Kompasiana -  Hukum Vaksin Meningitis Dari Enzim Babi Menurut MUI
Majelis Ulama Indonesia (MUI) hanya menghalalkan penggunaan vaksin meningitis berenzim babi bagi jemaah haji Indonesia yang pertama kali naik haji. Hukum kedaruratan vaksin Meningitis, menurut MUI, selaras dengan hukum naik haji hanya wajib satu kali.

''Bagi jamaah kedua kali, tidak ada lagi kedaruratan karena tidak wajib. Karena itu, (mereka) kalau pakai vaksin ini, hukumnya haram dan berdosa,'' kata Ketua MUI, KH Ma'ruf Amin di Jakarta, Ahad (2/5).

Vaksin Meningitis menjadi syarat wajib bagi jamaah haji Indonesia sejak pemerintah Arab Saudi menegaskannya tahun lalu. Masalahnya, vaksin yang digunakan saat ini mengandung enzim babi yang jelas haram. Dunia medis belum menemukan vaksin serupa yang bebas enzim babi.

Meningitis adalah penyakit radang membran pelindung sistem saraf pusat yang bisa menyebabkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, hingga kematian. Penularannya melalui batuk, bersin, ciuman, penggunaan sendok, sikat gigi, dan rokok secara bersamaan.

MUI lantas meminta calon jamaah haji tidak khawatir untuk disuntik vaksin Meningitis. ''Karena darurat, menggunakan vaksin ini tidak membatalkan haji, dan tidak berdosa,'' tegas Ma'ruf seperti dilansir Republika Online.

Menurut Ma'ruf, pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI belum menemukan vaksin Meningitis yang halal. LPPOM sempat berkunjung ke Guangzhou, Cina, untuk mengkonfirmasi kabar adanya vaksin Meningitis yang dibuat dari zat halal.

''Tapi mereka (Cina) tidak mau kasih tahu spesifikasinya. Kalau tidak dikasih tahu, dari mana kita bisa bilang itu tidak haram?,'' jelasnya.

Sumber: NU
Baca juga: Hukum Vaksin Meningitis untuk Jama'ah Haji
Hukum Vaksin Meningitis Dari Enzim Babi Menurut MUI
About
Hukum Vaksin Meningitis Dari Enzim Babi Menurut MUI published at 23.07, categorized as Syariah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply